2022, Kemenag Bangun PLHUT di Rejang Lebong

Kakanwil Kemenag Drs H Zahdi Taher M.HI. Foto: Kemenag Bengkulu

Bengkulutoday.com - Pemerintah  Daerah (Pemda) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menghibahkan lahan di Jalan Sukowati seluas 800 M2 kepada Kementerian Agama RI. Lahan tersebut akan dibangun Pusat Layanan Haji Umrah Terpadu (PLHUT) pada tahun 2022 mendatang.

Surat Keputusan (SK) Nomor :180.355.VI tahun 2021 tentang penetapan hibah tanah telah diserahkan oleh Asisten 1 Sekretariat  Daerah Pemda RL Pranoto Majid S.H M.Si mewakili Bupati kepada Kakanwil Kemenag Dr H Zahdi Taher M.HI ketika meninjau lahan bersama-Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri H.Saiful Mujab, MA dan Kasubdit Asrama Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, Haryanto, Kamis (26/82021).

Dalam kesempatan itu, H Saiful Mujab MA didampingi Haryanto menyampaikan apresiasi kepada Pemkab RL yang telah menghibahkan lahan untuk pembangunan pelayanan haji di kota dingin Curup ini. Karenanya, dia memastikan proses pembangunan PLHUT akan dimulai tahun depan.

‘’Kami mengucapkan apresiasi kepada Pemda dan masyarakat RL. Mudah-mudahan tahun depan, proses pembangunan PLHUT sudah berjalan,’’ kata Saiful.

Saiful menilai, lahan yang disiapkan Pemda untuk pembangunan PLHUT sangat strategis. Selain berada ditengah kota, juga berada didepan rumah dinas Bupati RL.

‘’Ini juga dapat memudahkan pelayanan ibadah haji,’’ ungkap Direktur yang juga Plt. Kakanwil Kemenag DKI Jakarta itu.

Dikesempatan yang sama, Kakanwil Dr H Zahdi Taher M.HI juga menyampaikan apresiasi atas hibah lahan yang diberikan Pemkab RL. Dia berharap dengan adanya PLHUT dapat meningkatkan layanan haji terkhusus di Kota Curup dan masyarakat sekitar di RL. 

‘’Dan tentunya menjadi icon baru di Kabupaten Rejang Lebong,’’ ujar Kakanwil.

Untuk pembangunan PLHUT ini sendiri lanjut Kakanwil, akan menelan anggaran sebesarRp 3,3 miliar lebih. Besaran tersebut menurutnya sesuai dengan standar pembangunan PLHUT yang telah ditetapkan oleh Kemenag RI.

‘’Bangunan PLHUT ini sama dengan bangunan PLHUT didaerah lain. Seperti di Kemenag Bengkulu Selatan dan Kabupaten Bengkulu Tengah.  Prototype dan dibangun dua tingkat,’’ jelas Zahdi.

‘’Karenannya saya minta kepada Kemenag RL agar segera mempersiapkan atau menyusun kelengkapan adminitrasinya. Seperti SK KPA, PPK bahkan tim panitia pembangunan,’’ pinta Zahdi.

Sementara itu, Asisten I Pranoto Majid mengungkapkan, hibah tanah untuk pembangunan PLHUT tersebut merupakan bukti Pemda mendukung program Kemenag, terutama dalam pelayanan ibadah haji di RL.

‘’Tentunya juga sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu Rejang Lebong relegius. Kita berharap, dapat memaksimalkan pelayanan ibadah haji, termasuk harapan kita dapat menambah kuota CJH yang semuanya tentu kebijakan ini diserahkan oleh Kemenag RI,’’ demikian Pranoto.

Hadir mendampingi Kakanwil dan Direktur, Kepala Bidang Penyelenggaran Ibadah  Haji dan Umrah Dr Intihan M.H serta jajaran PHU, Kakan Kemenag RL Dr H Novian Gustari serta jajaran Kemenag RL, Kasubag Umum dan Humas Sumardayakita S.H.

 

Penulis : Tatang Wss