2.231 Personel Gabungan Dikerahkan Dalam Operasi Ketupat Nala

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kapolda Bengkulu dan Kepala Dinas Penerangan TNI AD

Bengkulutoday.com, - Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Nala 2022 di halamanan Rekonfu, Jumat (22/4/2022).

 

Apel Gelar Pasukan Operasi Pekat Nala 2022 di Mapolda Bengkulu
Apel Gelar Pasukan Operasi Pekat Nala 2022 di Mapolda Bengkulu

 

Gubernur Bengkulu Dr. drg. H Rohidin Mersyah bertindak selaku pimpinan apel dan sekaligus berkesempatan membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

Sebanyak 2.231 personel akan dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Idul fitri 1443 Hijriah. Personel gabungan tersebut berasal dari Polri, TNI, Instansi terkait dan mitra Kamtibmas.

Diungkapkan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Agung Wicaksono kepada awak media usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Nala 2022.

“Operasi Ketupat Nala 2022 ini akan berlangsung selama 12 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022. Total personel yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi sebanyak 2.231 personel terdiri dari 1.171 personel Polri, 159 personel TNI, 901 personel dari Instansi terkait dan mitra Kamtibmas” ungkapnya.

 

Sesi Photo Bersama
Sesi Photo Bersama

 

Irjen Pol Drs. Agung Wicaksono juga mengatakan, Terdapat 21 Pos Pengamanan, 14 Pos Pelayanan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2022 di wilayah Polda Bengkulu.

“Pos Pengamanan bertugas menyelenggarakan pengamanan dari gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas seperti jalur rawan, komplek perumahan dan rumah ibadah. Sedangkan Pos Pelayanan dan Pos Terpadu melaksanakan tugas pengamanan di objek-objek tertentu seperti pusat keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan dan tempat wisata,” jelas Kapolda.

Ia juga menerangkan, untuk mengantisipasi pelaku perjalanan, pihaknya akan memaksimalkan kegiatan posko di terminal, bandar udara dan pelabuhan.

“Posko ini bukan hanya sekedar menjadi posko pengamanan dan pelayanan, namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Nala 2022 kali ini mengangkat tema wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai apel menyampaikan, poin penting apel persiapan ini adalah memastikan kesiapan Bengkulu menghadapai lebaran Idul Fitri 1443 H agar dapat berjalan dengan baik, lancar, dan tidak menimbulkan ledakan wabah Covid-19.

"Untuk kegiatan vaksinasi juga terus digencarkan. Selain yang kini sedang dilaksanakan oleh Polri, PWNU dan Kemenag, ada juga kegiatan vaksinasi oleh TP PKK. Semua bergerak," ujar Rohidin.

Turut hadir dalam apel adalah Unsur Forkopimda Provinsi Bengkulu, Seluruh pejabat utama Polda Bengkulu, Kepala Dinas/Instansi serta pasukan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Senkom dan mitra Kamtibmas.

Pewarta : Zainal Ariefin