Cegah Karhutla, Koramil-07/Mempawah Hulu Intensifkan Patroli dan Sosialisasi

 

Landak - Personil Koramil 1201-07/Mempawah Hulu terus menggencarkan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

"Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya pencegahan terjadinya karhutla di wilayah Kecamatan Mempawah Hulu dan Kecamatan Sompak," kata anggota Koramil Mempawah Hulu, Sertu HB Waratmojo, Minggu (13/6/2021).

Dalam sosialisasi ini, ia meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar terlebih pada musim kemarau seperti sekarang.

"Kami tidak akan pernah berhenti mengimbau. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan guna mencegah munculnya titik api dan tentunya terlebih dahulu mengetahui wilayah yang rawan akan terjadinya karhutla baik itu yang terjadi karena kelalaian manusia," tegasnya. 

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Mempawah Hulu, Bripka Riswantoro menjelaskan patroli dan sosialisasi itu untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga masyarakat mengetahui dan memahami dampak negatif jika terjadi kebakaran akibat pembukaan hutan dan lahan dengan cara dibakar.

"Kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat kecerobohan dalam membuka lahan itu sendiri dengan alasan dapat menghemat biaya dan tenaga, padahal efek dari kebakaran itu sangat banyak sekali dan sudah sering kita rasakan beberapa tahun yang lalu," kata Riswantoro (mph1201)