HUT Kodam Sriwijaya ke-78, TNI-Polri Bersinergi Bersama Pemkot Gelar Bakti Sosial Bersihkan Bantaran Sungai

HUT Kodam Sriwijaya ke-78, TNI-Polri Bersinergi Bersama Pemkot Gelar Bakti Sosial Bersihkan Bantaran Sungai

Bengkulu, Bengkulutoday.com - Dalam rangka memperingati HUT Kodam II/Sriwijaya ke-78. Jumat (8/12/2023), Kodim 0407 Kota Bengkulu bersama Pemkot Bengkulu, Polri serta seluruh elemen menggelar Bakti Sosial pembersihan bantaran sungai di Kelurahan Suka Merindu, tepatnya di dekat duta ponsel.

Kegiatan apel dan bakti sosial dipimpin langsung Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi didampingi Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu Kol Kav Widodo Pujiyanto, Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono, unsur Forkopimda dan stakeholder lainnya.

Selain kegiatan bakti sosial pembersihan bantaran sungai serta penanaman pohon juga dilaksanakan pemberian tali asih secara simbolis oleh unsur Forkopimda kepada masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, Arif mengapresiasi Kodim 0407 Kota Bengkulu, terutama Dandim 0407 Kota Bengkulu Kol Kav Widodo Pujiyanto. Karena pelaksanaan kebersihan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

“Pemerintah Kota Bengkulu mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0407 yang telah melaksanakan kegiatan ini. Insya allah kita akan menindaklanjutinya dengan melakukan kebersihan secara berkala ke depannya,” ungkap Arif.

Selain itu, Arif juga berharap kawasan tersebut ke depannya menjadi tempat rekreasi warga sekitar, apalagi kini sudah ditanami pohon tabebuya.

Kemudian, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tak membuang sampah sembarang dan lebih menjaga lingkungannya, terutama memasuki musim penghujaan.

“Sebagai bukti kita cinta kota ini ya harus mempunyai rasa memiliki. Jadi saya imbau masyarakat untuk menjaga lingkungannya, jangan membuang sampah sembarangan. Manfaatkanlah LPM untuk pemungutan sampah di rumah-rumah warga, jangan malah buang sampah di sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu Kol Kav Widodo Pujiyanto mengatakan, kegiatan bakti sosial merupakan instruksi langsung dari Komando atas untuk dilaksanakan kepada seluruh jajaran sekaligus dalam rangka peringatan HUT Kodam II/Sriwijaya ke-78 tahun 2023.

Lebih lanjut, Widodo mengatakan bakti sosial lintas sektoral merupakan wujud nyata kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

“Bakti sosial ini dalam rangka antisipasi bahaya banjir dan munculnya wabah penyakit mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan,” tuturnya.