Ikuti Bimtek Implementasi SIMAN, Rutan Bengkulu Berpartisipasi Dalam Pengelolaan Barang Milik Negara

Ikuti Bimtek Implementasi SIMAN, Rutan Bengkulu Berpartisipasi Dalam Pengelolaan Barang Milik Negara

BENGKULU - Rutan Kelas IIB Bengkulu mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAN) Versi 2 pada Rabu (12/6). Acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu ini dihadiri langsung oleh Pengelola BMN Rutan Bengkulu, Indah Dwi Mardiana.

Kegiatan Bimtek ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi para pengelola BMN di wilayah kerja Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu.

SIMAN Versi 2, sebagai alat bantu pengelolaan BMN, hadir dengan berbagai pembaruan dan fitur yang lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pencatatan dan pengelolaan aset negara.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh berbagai instansi pemerintahan yang berada di wilayah kerja Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. 

Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Rutan Kelas IIB Bengkulu, tetapi juga dari sejumlah instansi lain. Mereka mendapatkan materi terkait dengan penggunaan dan implementasi SIMAN Versi 2, termasuk cara menginput data, melakukan monitoring, dan menghasilkan laporan yang diperlukan.

Karutan Bengkulu, Farizal Antony menyambut baik kegiatan Bimtek ini. 

Menurutnya, pelatihan ini sangat relevan dan bermanfaat bagi peningkatan kompetensi pengelola BMN khususnya di Rutan Kelas IIB Bengkulu. Melalui kegiatan ini Farizal berharap dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan BMN.

"Dengan adanya pembaruan sistem ini, kami berharap dapat mengelola aset negara dengan lebih baik dan lebih transparan. Ini juga akan mendukung kinerja kami dalam menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan aset negara," ujar Farizal.

Kegiatan Bimtek ini menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka memberikan materi mengenai fitur-fitur terbaru dari SIMAN Versi 2, yang meliputi manajemen aset tetap, inventarisasi barang, serta pelaporan yang lebih terintegrasi dan mudah diakses. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dalam menggunakan sistem ini, sehingga diharapkan mampu menerapkan pengetahuan yang didapatkan dalam tugas sehari-hari mereka.