Terampil, WBP Lapas Perempuan Dalami Kegiatan Pramuka

lapas perempuan

Kota Bengkulu - Pembinaan pramuka ini dipandu langsung oleh Kakak-Kakak Pembina dari Kwarcab Kota Bengkulu, Kak Ema dan Kak Heriyadi , Selasa (13/02).

 Pada kesempatan hari ini, para warga binaan diberikan materi tentang membuat ring kacu dari tali rami. Ring kacu ini digunakan untuk mengikat hasduk atau setangan leher pramuka yang menjadi bagian dari pakaian seragam pramuka dan merupakan bagian dari Tanda Umum dalam Tanda Pengenal Gerakan Pramuka.

Dengan penuh semangat warga binaan mengikuti materi ini  dengan antusias. Mereka belajar langkah demi langkah dalam membuat kacu tersebut, mulai dari mengukur panjang tali rami yang dibutuhkan hingga teknik pengikatan yang tepat. Kak Ema dan Kak Heriyadi memberikan petunjuk-petunjuk dengan sabar dan teliti, sehingga para warga binaan bisa memahami dan menguasai teknik membuat kacu dengan baik.

Setelah proses pembelajaran selesai, para warga binaan pun langsung mencoba membuat kacu sendiri. Mereka bekerja keras dan saling membantu satu sama lain. Meskipun ada yang agak kesulitan pada awalnya, namun dengan bimbingan dari Kakak Pembina, akhirnya mereka berhasil membuat kacu dengan rapi dan benar.

Kalapas Perempuan Bengkulu Gayatri RR mengatakan, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi para warga binaan, tetapi juga melatih kerjasama dan keuletan dalam menghadapi tantangan. Mereka pun merasa bangga dan senang bisa belajar hal baru dalam pembinaan pramuka kali ini. 

Semoga ilmu dan keterampilan yang didapatkan dapat bermanfaat dalam kegiatan pramuka mereka di masa depan.