Wabup Kepahiang : Managemen PDAM Wajib Selesaikan Persoalan Tunggakan Gaji

Wakil Bupati Kepahiang H Zurdinata SIp

Kepahiang, Bengkulutoday.com - Menanggapi persoalan yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami, Wakil Bupati H.Zurdinata,S.Ip mengatakan jika pihak manageman wajib menyelesaikan persoalan tunggakan gaji. Hal itu karena pihak perusahaan sudah membuat perjanjian, bahkan dihadapan Disnaker Provinsi Bengkulu yang saat itu menengahi mediasi atas laporan yang dilayangkan eks karyawan.

Diketahui, tunggakan gaji yang belum dibayarkan pada sekitar 20 eks karyawan PDAM Tirta Alami terjadi sejak tahun 2019, yang berujung pada pelaporan eks karyawan ke Polres Kepahiang beberapa waktu lalu.

"Kalau pihak perusahaan sudah berjanji, artinya mereka berasumsi bahwa tunggakan gaji itu dapat dibayarkan, itulah mengapa kita menyarankan agar PDAM menyelesaikan persoalan tunggakan gaji kepada eks karyawannya itu," jelas Wabup.

Terkait dengan persoalan itu, dijelaskan Wabup sepengetahuannya sejak dirinya dilantik sebagai wakil kepala daerah, perusahaan daerah itu belum pernah melaporkan kondisi PDAM itu sendiri.

"Kita menyayangkan PDAM pun tidak melaporkan kondisi yang mereka alami pada Pemkab, namun perlu diketahui bahwa PDAM merupakan aset yang dipisahkan. Tapi paling tidak koordinasi dengan Pemkab, karena bagaimanapun PDAM pernah mendapatkan penyertaan modal dari APBD Kepahiang, yang jelas tidak ada alasan untuk tidak membayarkan hak-hak eks karyawan," jelas Wabup.