Pejabat Kanwil Kemenkumham Bengkulu Hadiri Rakor Capaian Kinerja BPSDM di Jakarta

Kemenkumham

Jakarta - Mengantisipasi dinamika global, organisasi harus pula dinamis dan beradaptasi serta harus memiliki SDM bertalenta sehingga pembangunan SDM menjadi titik tumpuan utama dalam kemajuan organisasi. Organisasi yg tdk didukung oleh SDM yang tidak bertalenta tentunya tidak akan dapat menjalankan organisasi dengan baik. Lebih jauh kapasitas serta kemampuan SDM akan tertinggal dalam berkompetisi dengan SDM negara lain serta minim dalam memberikan sumbangsihnya untuk negara. Hal ini disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly dalam sambutannya pada kegiatan rakor BPSDM Hukum dan HAM, diselenggarakan di JS Luwansa Hotel Jakarta yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu (Santosa) dan Kepala Divisi Administrasi (Achmad Brachmantyo).

Selanjutnya, Yasonna mengatakan bahwa syarat Indonesia bisa bersaing dengan negara lain adalah pembangunan SDM dan infrastruktur harus berjalan beriringan dan sudah menjadi komitmen pemerintah mulai dr kabinet Indonesia Kerja sampai dengan saat ini Kabinet Indonesia Maju fokus pemerintah adalah pada pembangunan infrastruktur dan SDM. Hal ini penting agar dpt bersaing utk menuju dunia global.

Banyak hal yg harus dilakukan utk mempercepat perbaikan SDM Kemenkumham demi terwujudnya pemerintahan yg maju dengan tata kelola pemerintahan yg baik sehingga dapat mencapai tujuan reformasi birokrasi yang sejalan dgn visi presiden yaitu SDM unggul Indonesia maju. Sehingga SDM Kemenkumham harus menjadi SDM unggul utk menghadapi industri 4.0.

“ Saya perintahkan kepada seluruh peserta pada kegiatan ini agar sungguh-sungguh melaksanakan rakor ini dengan baik agar menghasilkan kebijakan bagi peningkatan SDM Kemenkumham yg unggul”. Ujar Yasonna yang selanjutnya membuka kegiatan rakor BPSDM Hukum dan HAM secara resmi.

Agenda dilanjutkan dengan Rakor diawali dengan pemberian materi oleh BPKP, Kemenpan RB, BKN dan LAN dan ditutup dengan agenda pembahasan Komisi serta penyusunan hasil oleh Komisi. Kakanwil sebagai anggota Tim Perumus pada Pokja II Peta Jalan Penilaian Kompetensi dan Pelatihan Bidang Imigrasi dan Kepala Divisi Administrasi sebagai Sekretaris Komisi I Capaian Kinerja BPSDM Tahun 2023 dan Rencana Kinerja BPSDM Tahun 2024.