Pemkab Bengkulu Selatan Luncurkan Internet Gratis dan CCTV Area Publik

Pemkab Bengkulu Selatan Luncurkan Internet Gratis dan CCTV Area Publik

Bengkulutoday.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan meluncurkan Internet Gratis dan CCTV di Area Publik, di Aula Bappeda- Litbang Bengkulu Selatan, Bengkulu pada Senin (4/3/24).

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengatakan, layanan internet gratis memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses internet di ruang publik. Dan dapat dimanfaatkan dalam mendukung ekonomi kreatif.

''Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan internet ini untuk hal- hal yang bersifat produktif, untuk berkarya, belajar, meningkatkan wawasan pengetahuan dan menjunjung ekonomi kreatif," ujarnya.

Kemudian, kamera CCTV merupakan alat yang berfungsi memantau situasi dan kondisi di suatu tempat tertentu.

"Kamera cctv memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari- hari, seperti meningkatkan sistem keamanan selain itu masih banyak manfaat lainnya, maka dari itu saya berharap fasilitas tersebut jangan sampau dirusak, rawatlah dengan sebaik- baiknya," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Selatan Fariq Hafizh mengatakan, layanan internet gratis merupakan terobosan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Bengkulu Selatan. Sebab, instansi itu selaku leading sector berkaitan dengan infrastruktur layanan internet organisasi perangkat daerah (OPD) yang bekerja sama dengan Iconnect Plus.

"Wifi ini untuk publik menjawab kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di era digitalisasi saat ini dimana Internet telah menjadi kebutuhan dalam mendukung berbagai aktivitas masyarakat. Termasuk pemasangan cctv," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pemasangan internet gratis dan CCTV area publik tersebut bekerja sama dengan iconNet. Nantinya, dipasang wifi sebanyak 41 titik meliputi kantor kelurahan, Majid, puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan serta pemasangan cctv di 12 titik jalan lintas kota Manna dan perbatasan antar Kabupaten.

Kegiatan launching tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Manager PT Indonesia Comnets Plus, Asisten III, k OPD, Camat serta Desa/ Lurah se Kabupaten Bengkulu Selatan. (Adv)