Penggeledahan Insidentil dan Tes Urine WBP Di Lapas Kelas IIA Curup

Operasi Razia

CURUP - Kanwil Kemenkumham Bengkulu kembali melakukan Penggeledahan Insidentil ke jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Selasa malam (09/07) giliran Lapas Curup yang digeledah oleh tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal Pas) Kanwil Kemenkumham Bengkulu.


Tim tiba di Lapas pada Pukul 20.00 WIB. Setelah Apel Persiapan, Tim satopspatnal langsung melakukan penggeledahan blok hunian/Paviliun didampingi oleh Kepala Lapas, Pejabat Struktural, staf, dan Regu Jaga.


Kegiatan dimulai pukul 20.00 - 21.30 WIB, target penggeledahan dipilih secara acak di antaranya Paviliun Anggrek. Bersamaan dengan kegiatan penggeledahan, dilaksanakan juga Tes urin WBP yang dipilih secara random sampling  masing-masing 5 orang per kamar yang diinspeksi. Tes urin dibantu oleh tim medis Lapas Kelas IIA Curup.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah pencegahan. Tujuannya untuk memastikan bahwa Lapas Kelas IIA Curup bersih dari peredaran narkoba, pungli, uang tunai, handphone, dan barang terlarang lainnya.
Kemudian dari hasil tes urin WBP, dinyatakan semuanya negatif Narkoba.

Diharapkan agar seluruh Petugas di Lapas Curup senantiasa mengaplikasikan 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan maju yaitu: Deteksi dini, pemberantasan Narkoba, dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, plus 1 (satu) yaitu “Back to Basic”, agar seluruh program dapat terlaksana dengan baik.

Kalapas Curup Ronaldo Devinci disela kegiatan menyampaikan, “Kegiatan ini dapat menjadi salah satu bukti keseriusan kita dalam menciptakan lingkungan Lapas yang lebih aman dan bebas dari potensi ancaman terhadap keamanan dan ketertiban. Tentunya Seluruh Petugas termasuk WBP di Lapas Curup berkomitmen untuk menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing demi mencapai tujuan bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta perikehidupan yang baik”, tutup Ronaldo.