Perkuat Silaturahmi, Gubernur Rohidin Kukuhkan Himpunan Keluarga Padang Guci Serumpun

Perkuat Silaturahmi, Gubernur Rohidin Kukuhkan Himpunan Keluarga Padang Guci Serumpun

Bengkulutoday.com - Gubernur Rohidin Mersyah mengukuhkan Pengurus Himpunan Keluarga Padang Guci Serumpun (HKPGS) Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 di Balai Raya Semarak Bengkulu, Minggu (26/11). 

Gubernur mengungkapkan, di Bengkulu ada beranekaragam suku yang memiliki ciri khas adat, bahasa, dan karakteristik masing-masing. Misalnya bahasa Rejang, Padang Guci, Kaur, Pekal, Lembak, Serawai hingga Melayu Bengkulu sehingga ini menunjukkan situasi heterogenitas. 

"Dari setiap suku, bahasa merupakan pengikat paling kuat dalam berinteraksi. Bengkulu ini sedikit berbeda dengan daerah lain, memiliki wilayah kecil berpenduduk 2 juta lebih namun memiliki suku beranekaragam," ujar Rohidin saat sambutan.

Lebih lanjut, menurutnya, selama beberapa periode proses penokohan (menemukan tokoh di bidang budaya, politik, pendidikan) di Bengkulu ini masih sangat sulit, padahal jika dinilai dari kemampuan tidak beda jauh dengan daerah lain. 

"Hadirnya tokoh berpengaruh di berbagai aspek masih sangat sulit ditemukan di Bengkulu. Oleh sebab itu, melalui wadah himpunan ini (HKPGS) muncul tokoh-tokoh yang menjadi simpul guna mendukung kemajuan suatu daerah," terangnya.

Terakhir, gubernur berpesan agar himpunan ini dapat terus bersama, bersatu padu memajukan daerah. 

"Seperti filosofi "sapu lidi", jika terus disatukan tentu tidak mudah untuk dipatahkan, begitupun pula sebaliknya," tutup Rohidin. (Adv)