Polri Gelar Fun Walk Sambut HUT Bhayangkara ke-78

Polri Gelar Fun Walk Sambut HUT Bhayangkara ke-78

 


Bengkulutoday.com - Polri menggelar Bhayangkara Fun Walk 2024 guna menyambut HUT Bhayangkara ke-78 pada Juli mendatang. Acara ini dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan pada Sabtu (22/6/2024).

Selain Kapolri, tampak hadir Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung ST Burhanudin dan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang ikut membuka acara dengan mengibarkan bendera.

Kapolri menuturkan, Bhayangkara Fun Walk 2024 adalah salah satu kegiatan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-78.

"Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik," kata Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, ada berbagai macam kegiatan mulai dari Bakti Sosial, Bakti Kesehatan, dan juga ada kegiatan olahraga kemudian kegiatan-kegiatan yang terkait dengan event-event untuk kebudayaan dan tentunya rangkaian upacara HUT Bhayangkara pada 1 Juli mendatang.

"Rencana akan kita laksanakan di Monas, dengan melibatkan masyarakat juga dan kita harapkan kegiatan ini juga menjadi simbol bahwa Polri bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder terkait yang lain selalu bersama-sama untuk rakyat Indonesia," ucapnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Bhayangkara Fun Walk terdiri dari dua klaster. Ada parade budaya dan seni dengan jarak 3,1 km dan umum fun walk ada sekitar 4,2 km.

"Parade seni dan budaya pesertanya kurang lebih 400. Kemudian umum ada 4 ribu orang baik anggota TNI Polri. Rangkaian ini lanjutannya ada hiburan dan hadiah doorprize untuk anggota dan undangan yang hadir. Ini diikuti beberapa umum dan satker TNI Polri," kata Trunoyudo.

Trunoyudo mengatakan, fun walk juga digelar sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia, memberikan hiburan ke masyarakat dan pola hidup sehat.

Adapun tema fun walk yakni Berjalan Dalam Kesatuan yang artinya bersinergi dan soliditas semua dalam kesatuan yang menjadi tujuan secara bersama meningkatkan kesehatan, hiburan dan kebersamaan lainnya.

"Rangkaian HUT Bhayangkara sudah berjalan awal juni ada bakti kesehatan, bakti sosial, sampai puncaknya adalah perayaan upacara 1 juli. Tentunya ada rangkaian perlombaan yang melibatkan baik internal maupun eksternal. Baik kreativitas, pelibatan masyarakat dalam kegiatan kepolisian. Nanti ini masih berjalan juga setelah 1 Juli," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyampaikan harapannya dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-78, Polri akan terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Ia pun mengucapkan terima kasih ke masyarakat dimana dari hasil survei Litbang Kompas sekira 73,1 persen masyarakat menilai citra Polri sangat positif.

"Ada peningkatkan dari Agustus 2023 itu 66,8 persen. Di Desember 71 persen dan saat ini 73,1 persen tentu ini bagian dari partisipasi masyarakat berkolaborasi dengan Polri," katanya.