Tata Pasar Panorama, Pemkot Gandeng Polresta Bengkulu

Para personel Polsek Gading Cempaka diturunkan untuk mendampingi pihak dinas terkait saat melakukan penertiban PKL pasar Panorama

Bengkulutoday.com – Sebagai upaya membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam menata pasar Panorama. Polresta Bengkulu melalui Polsek Gading Cempaka terus melakukan pendampingan agar kondisi di wilayah tersebut tetap kondusif saat adanya penertiban.

Para personel Polsek Gading Cempaka diturunkan untuk mendampingi pihak dinas terkait saat melakukan penertiban.

Adapun penertiban telah dimulai pasca lebaran 1445 Hijriah, mulai dari sosialisasi dan imbauan baik menggunakan pengeras suara dan surat tertulis.

“Kami dari pihak kepolisian hadir untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan penertiban ini berjalan aman dan lancar. Jadi tidak ada kegiatan yang menimbulkan gangguan kamtibmas ataupun sampai ke tindak pidana, itu yang kami jaga,” jelas Kapolsek Gading Cempaka Kompol Kadek Suwantoro, S.H., S.I.K M.A.P didampingi Kapospol Pasar Panorama Ipda Rahman, Rabu (24/4/2024).

Hasil dari penertiban, lanjut Kadek, pasar Panorama saat ini tertata rapi, sehingga akses jalan di wilayah tersebut lancar.

“Bisa kita lihat, sudah terlihat rapi. Mulai dari parkiran, selanjutnya pedagang dan pembeli pun sudah perlahan-lahan menyesuaikan. Di jalan Belimbing sudah tertib, begitu juga di jalan Semangka dsn juga jalan Salak, sebelumnya dipadati penjual kerupuk, sekarang sudah rapi dan semua masuk ke dalam,” jelasnya.

Sementara itu, berkenaan dengan penataan pasar, pihak Kepolisian juga siap mendengarkan masukan dan saran dari masyarakat melalui proses tanya jawab saat adanya penertiban.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat mengapresiasi dan mendukung penertiban di pasar Panorama. Kurang lebih 20 tahun lebih pasar panorama kita semrawut. Untuk itu, kalau bukan saat ini kapan lagi, inilah waktunya kita tertibkan pasar panorama,” tegasnya.

Untuk rencana ke depan, pemerintah bersama stakeholder terkait berkomitmen melakukan penataan pasar Panorama secara masif, sehingga kondisi ke depannya pasar tersebut lebih tertata.

“Jadi ke depan ada beberapa tempat yang akan ditertibkan. Pertama di Jalan Semangka, masih ada yang tersisa itu akan kita tertib kan. Disini kita sepakati bahwa kita akan kita tindak secara tegas. Kemudian di jalan Manggis, itu juga kita sudah sepakat akan tegas untuk menertibkannya,” ujar Kadek.

Berkenaan hal ini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Disperindag Kota Bengkulu agar benar-benar menyiapkan tempat yang cukup dan laik untuk para pedagang masuk ke dalam.

Setelah itu, melihat dari aspek sosial ekonomi dan lingkungan. Dimana jual beli pada waktu malam hari di pasar Panorama cukup tinggi, rencananya di jalan Kedondong akan dijadikan nanti pasar malam.

Kemudian, untuk memantau aktivitas di pasar Panorama, pihak Kepolisian berencana akan memasang CCTV diberbagai titik.

Agar semakin tertib, pihak Kepolisian bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga akan melakukan penertiban lalulintas sesuai dengan rambu yang telah terpasang.

“Itu sudah ada rambu larangan tidak bisa langsung masuk ke jalan Belimbing. Namun pada kenyataannya masih banyak juga yang melanggar. Setelah itu, dari arah jalan Salak yang akan masuk ke jalan Kedondong itu ada waktunya, disitu dari pukul 06.00 pagi sampai pukul 18.00, itu kita akan sesuaikan,” terangnya.

Para personel Polsek Gading Cempaka akan dikerahkan saat penertiban lalulintas. Nantinya para personel akan memberikan imbauan dan belum melakukan penindakan secara tegas. Namun, untuk ke depannya ada tindakan tegas jika melanggar rambu-rambu lalulintas berupa tilang.

Terakhir, Kapolsek Gading Cempaka mewakili Polresta Bengkulu menyatakan siap mendukung pemerintah dalam menertiban pasar panorama. “Kita juga berkeinginan pasar panorama ini sebagai pilot project bagi pasar di Kota Bengkulu,” tutupnya. (MC/KB)