Usaha Kreatif Ukiran Kayu Milik Warga Tamansari

 

Pati - Saat ini diDesa Tamansari, Kecamatan Jaken, sedang berlangsung kegiatan pelaksanaan TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0718/Pati dalam pengerjaanya satgas TMMD beserta masyarakat bergotong-royong bersama-sama. Selepas pekerjaan anggota satgas selalu menyempatkan waktu untuk menjalin keakraban dengan warga dengan silaturahmi.

Ketika selepas bekerja Serda Warso mengunjungi usaha ukiran kayu milik Tarno (42), yaitu salah satu warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari yang memulai usaha dirumah sederhana miliknya. Serda Warso pun ikut membantu sambil belajar cara mengukir kayu.

Dikatakan oleh  Serda Warso selain menjalin keakraban dengan warga, ia juga berharap dapat menyerap ilmu yang dimiliki warga cara mengukir kayu. "Saya sangat tertarik sekali dengan cara mengukir kayu milik pak Tarno ini hasilnya sangat rapi juga indah," terangnya.

Sementara Tarno juga menjelaskan bahwa usaha yang ditekuninya awalnya ia belajar dari pamannya dijepara, usahanya tersebut sudah ia jalani selama lima tahun dan biasanya banyak pesanan untuk memperindah rumah dan juga kursi dan meja. "Biasanya saya kirim ke daerah wilayah Pati saja, namun sekarang setelah saya pasarkan secara online banyak peminat dari luar daerah," ungkapnya.

Selain itu ia juga menambahkan jika dirinya merasa senang karena jalan yang sedang dibangun akan segera dinikmatinya karena jalan itu sering digunakan olehnya dalam mengantar pesanan ukiran yang dibuatnya.